Rabu, 27 Maret 2013

Masalah pokok ekonomi dan pengaruh mekanisme harga



Masalah pokok ekonomi dan pengaruh mekanisme harga
Masalah ekonomi biasanya muncul dikarenakan ketidak seimbanganya anatar keinginan pemenuhan kebutuhan dengan  faktor faktor produksi yang tersedia dalam masyarakat yang relatif terbatas dan tentunya cepat habis karena terpakai  dan terkonsumsi.
Kegiatan ekonomi pada masyarakat modern sebagai berikut:
1. what to produce ,Karena sumber daya terbatas sementara kebutuhan tidak terbatas, maka tidak semua barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat  dapat diproduksi.
2. how to produce, menetukan cara barang itu diproduksi.artinya dapat menghasilkan suatu barang dan jasa engan pengorbanan atau (cost) biaya yang paling rendah.
3. to whom , menetukan untuk siapa barang di produksi Keputusan untuk siapa barang dan jasa diproduksi berkaitan erat dengan konsep keadilan masyarakat yang bersangkutan. Bagi masyarakat egaliter, keadilan berarti setiap individu berhak mendapatkan barang dan jasa secara adil dalam jumlah yang sama, tetapi bagi masyarakat utilitarian yang dimaksud dengan  adil adalah pembagian barang atau jasa sesuai dengan kebutuhan masing-masing .

Masalah Ekonomi Bagi Konsumen
Kebutuhan hidup manusia itu banyak sekali dan beraneka ragam, sedangkan barang dan jasa sebagai alat pemuas kebutuhan sangat terbatas. Kenyataan inilah yang menjadi inti masalah ekonomi. Masalah ekonomi dihadapi oleh umat manusia, apakah mereka sebagai perseorangan, keluarga, perusahaan, atau negara.

Pengaruh mekanisme harga
Mekanisme harga sangat berpengaruh besar pada perkembangan pasar, konsumen, produsen Dan berdampak bagi yang lainya. Contohnya pada Krisis finansial global yang terjadi sejak akhir tahun 2007 telah menyebabkan perlambatan ekonomi global secara bertahap. Diperkirakan daya beli masyarakat menurun. Banyak pihak yang mengatakan bahwa krisis hanya terjadi pada negara maju seperti Amerika Serikat dan Uni Eropa. Namun perlu diingat bahwa sebagian besar negara yang kekuatan pasarnya sedang tumbuh (energing market) menguasai 60% pangsa pasar ekspor ke Amerika Serikat dan negara-negara maju.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar