Senin, 11 November 2013

kekuatan fisik pemain bola



Kekuatan fisik dalam permainan bola 

Untuk pada saat sekarang ini permain sepak bola sudah menjadi primadona di kalangan masyarakat Indonseia khususnya dunia. Banyak dari anak-anak, dewasa hingga orang tua sangat menyukai olah raga ini. Sudah banyak anak-anak kini memimpikan menjadi sosok pemain bola yang terkenal, hebat, kuat dan tanggung seperti para pesepak bola dunia , contoh halnya Cristiano Ronaldo, Lionel Messi mereka adalah salah seorang permaih yang hebat di duni pada masa sekarang ini. dilihat dari kemampuan dalam bermain bola yang atraktif , lincah dalam dribling bola , serta kekuatan fisiknya dalam berlari dan tendangan mereka.
ada hal-hal yang perlu di perhatikan untuk memiliki fisik yang kuat, adalah sebagai berikut.
langakah lang yang harus dilakukan
·         Jogging / Lari
kita bisa melakukanya secara bertahap, seperti berlari mengitari lapangan sepak bola sebanyak 2 putaran, maka untuk latihan berikutnya di tambah lagi jumlah putaranya semaksimal yang kita bisa, atau bisa juga lari jarak pendek (sprint), dan dalam latihan awal tidak perlu memaksakan diri.
·         Skipping / lompat tali
Latihan lompat tali bertujuan untuk menguatkan otot di sekitar engkel kaki. Latihan ini dapat dilakukan setelah jogging, usahakan anda mampu melompat sebanyak 50 lompatan non-stop,untu berikutnya bisa menambahkan seeuai dengan kemampuan.

·         Berenang
berenag merupakan olahraga yang menyenagkan karena tidak membuat merasa keringetan yang berlebih. Tujuan berenang adalah untuk melatih kelenturan tubuh , sama seperti jogging, berenag merupakan latihan fisik yang direkomendasi bagi semua atlet di semua cabang olahraga
Menu latihan ini adalah 30 m x 5, yaitu berenang sejauh 30 meter sebanyak 5x. Apabila anda merasa masih mampu, maka anda dapat meningkatkan frekuensinya. Berenang juga merupakan terapi alami bagi pemain yang mengalami cedera otot.

Selain latihan fisik di atas, ada beberapa hal lainnya yang harus diperhatikan, yaitu:
·         No Smoking and No Alcohol.
·         Tidur malam min. 7 jam.
·         Tidur selama 1 jam dan bangun 1 jam sebelum pertandingan.
·         Selesaikan makan min. 45 menit sebelum pertandingan.
·         Minum kopi atau makan bubur kacang hijau untuk meningkatkan energi  sebelum pertandingan.
·         Jangan melakukan perjalanan >30 menit sebelum pertandingan. Usahakan datang awal agar dapat beristirahat dengan cukup apabila lokasi pertandingan cukup jauh.
·         Hentikanlah latihan apabila nafas anda sudah mulai terengah-engah. Lakukan istirahat sejenak sebelum memulai lagi.
·         Jangan melakukan olahraga otot (macam-macam angkat beban) secara berlebihan karena otot yang terlalu besar akan mengurangi kelincahan dalam bergerak.


  
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar