Senin, 06 Mei 2013

Perilaku produsen bab 5




Perilaku produsen
Produsen adalah orang atau perusahan yang menghasilkan barang atau jasas untuk di jual perbelikan atau di pasarkan. Peroduksi itu sendiri merupakan kegiatan yang di kerjakan untuk menambah nilai guna suatu benda atau menciptakan benda baru yang lebih bermanfaat. Produksi ini bertujuan memenuhi kebutuhan konsumenuntuk mencapai kepuasan. Peuasasn dapat tercapai jika tersedia barang dan jasa dalam jumlah yang mencukupi. Untuk melaksanakan fungsi tersebut diperlukan serangkaian kegiatan yang merupakan keterkaitan dan menyatu serta menyeluruh sebagai suatu sistem. Berbagai kegiatan yang berkaitan dengan fungsi produksi dan operasi ini dilaksanakan oleh beberapa bagian yang terdapat dalam suatu perusahaan, baik perusahaan itu berupa perusahaan besar, maupun perusahaan itu adalah perusahaan kecil. Empat fungsi terpenting dalam fungsi produksi dan operasi

Fungsi Produksi
Fungsi produksi merupakan bagian fungsi yang ada pada perusahaan yang bertugas untuk mengatur kegiatan yang di perlukan bagi berjalanya proses produksi. Oleh karena itu haruslah diadakan koordinasi kerja agar semua bagian dapat berjalan seiring dan seirama dan dapat dihindarkan benturan – benturan kepentingan antar bagian dalam perusahaan.
Produksi optimal
Produksi optimal adalah jumlah produksi tertentu yang dihasilkan dengan meminimalkan total biaya persediaan. Metode ini mempertimbangkan jumlah persiapan produksi yang berpengaruh terhadap biaya persiapan.
Metode EPQ menggunakan asumsi-asumsi sebagai berikut:
1.Barang yang diproduksi mempunyai tingkat produksi yang lebih besar dari tingkat permintaan.
2.Selama produksi dilakukan, tingkat pemenuhan persediaan adalah sama dengan tingkat produksi dikurangi tingkat permintaan.
3.Selama berproduksi, besarnya tingkat persediaan kurang dari Q (EPQ) karena penggunaan selama pemenuhan.

Least Cost Combination adalah menentukan kombinasi input mana yang memerlukan biaya terendah apabila jumlah produksi yang ingin dihasilkan telah ditentukan. ISoquant atau Isoproduct Curve adalah kurva yang menunjukkan hubungan antara berbagai kemungkinan kombinasi 2 input variable dengan tingkat putput tertentu. Dalam hal ini pengusaha masih dapat menghemat biaya untuk menghasilkan produk tertentu selama nilai input yang digantikan atau disubstitusi masih lebih besar dari nilai input yang menggantikan atau yang mensubstitusi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar