struktur pasar
pasar
persaingan sempurna
pasar
persaingan sempurna adalah suatu struktur pasar atau industri dimana terdapat
banyak penjual dan pembeli, dan setiap penjual atau pun pembeli tidak dapat
mempengaruhi keadaan di pasar.ciri dari pasar persaingan sempurna :
1. Terdapat banyak penjual untuk barang yang samaDalam pasar persaingan sempurna terdapat banyak penjual (produsen). Pada umumnya produsen dalam pasar persaingan sempurna mempunyai ukuran yang relatif sama. Kondisi ini menyebabkan produksi dari setiap produsen jumlahnya relatif kecil dibandingkan dengan jumlah produksi dalam keseluruhan pasar (industri).
2. Barang yang dijual bersifat homogen
Produsen dalam pasar persaingan sempurna memproduksi barang (output) yang sama sehingga konsumen tidak dapat membedakan antara barang satu dengan yang lainnya (homogen). Karena barang yang diproduksi bersifat homogen, maka antar barang mempunyai hubungan substitusi sempurna.
3. Penjual tidak dapat mempengaruhi harga (Penjual sebagai Price Taker)
Karena jumlah produsen banyak, maka peran seorang produsen sangat kecil dalam pasar persaingan sempurna. Kondisi ini menyebabkan produsen tidak mempunyai kemampuan untuk mempengaruhi harga pasar, dan hanya dapat menerima dan mengambil harga pasar yang berlaku. Harga pasar ditentukan oleh interaksi antara seluruh produsen dan seluruh konsumen di pasar.
4. Informasi bersifat sempurna
Konsumen pada pasar persaingan sempurna diasumsikan mempunyai informasi yang lengkap mengenai kondisi di pasar, termasuk harga yang berlaku di dalamnya. Oleh karena itu, produsen tidak dapat menjual barangnya dengan harga yang berbeda dengan produsen lain.
5. Kemudahan bagi penjual untuk masuk dan keluar pasar
Kondisi yang menguntungkan di pasar persaingan sempurna menyebabkan produsen lain di luar pasar tertarik untuk masuk ke dalam pasar. Demikian sebaliknya, jika produsen di dalam pasar persaingan sempurna mengalami kerugian akan dengan mudah untuk keluar dari pasar karena tidak ada hambatan untuk keluar.
pasar monopoli
Monopoli
adalah suatu situasi dalam pasar dimana hanya ada satu atau segelintir
perusahaan yang menjual produk atau komoditas tertentu yang tidak punya
pengganti yang mirip dan ada hambatan bagi perusahaan atau pengusaha lain untuk
masuk dalam bidan industri atau bisnis tersebut. Dengan kata lain, pasar
dikuasai oleh satu atau segelintir perusahaan, sementara pihak lain sulit
masuk di dalamnya. Karena itu, hampir tidak ada persaingan berarti.
Secara umum,
perusahaan monopoli menyandang dikonotasikan negatif dengan perolehan
keuntungan yang melebihi normal dan penawaran komoditas yang lebih sedikit bagi
masyarakat, meskipun dalam prakteknya tidak selalu demikian. Dalam ilmu ekonomi
dikatakan ada monopoli jika seluruh hasil industri diproduksi dan dijual oleh
satu perusahaan yang disebut monopolis atau perusahaan monopoli.
Pasar
monopoli dapat dicirikan oleh beberapa hal berikut ini, diantaranya:
1. Hanya terdapat satu penjual/produsen yang menguasai
seluruh penawaran atas barang dan jasa tertentu
2. Barang dan jasa yang dijual tidak memiliki substitusi
yang dekat, artinya tidak ada barang yang dapat menggantikan fungsi dari barang
tersebut. Contoh: tidak ada barang pengganti yang bersamaan sifatnya dengan
listrik, yang ada hanya barang pengganti yang berbeda sifatnya seperti gas.
3. Pasar/bidang usaha tidak dapat dimasuki oleh pihak
lain
4. Penentuan harga dilakukan dan dikuasai oleh
perusahaan, maka perusahaan monopoli disebut sebagai perusahaan penentu harga (price
setter).
pasar monopolistis
Pasar Monopolistis
adalah salah satu bentuk pasar
di mana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang serupa tetapi
memiliki perbedaan dalam beberapa aspek. Penjual pada pasar monopolistik tidak
terbatas, namun setiap produk yang dihasilkanpasti memiliki karakter tersendiri
yang membedakannya dengan produk lainnya. Contohnyaadalah : shampoo, pasta
gigi, kosmetik, dll. Meskipun fungsi semua shampoo sama yakni untukmembersihkan
rambut, tetapi setiap produk yang dihasilkan produsen yang berbeda memilikiciri
khusus, misalnya perbedaan aroma, perbedaan warna, kemasan, dan lain-lain.
ciri-ciri dari pasar monopolistis
adalah
1.Terdapat
banyak produsen atau penjual. Meskipun
demikian, pasar ini tidak memilikiprodusen
atau penjual sebanyak pasar persaingan sempurna dan tidak ada satu punprodusen
yang mempunyai skala produksi yang lebih besar dari produsen lainnya.
2. Adanya Diferensiasi
Produk .Pasar ini menawarkan produk
yang cenderung sama, namunmemiliki perbedaan-perbedaan khusus dengan produk
lainnya, misalnya dari carapengemasan, pelayanan yang diberikan dan cara
pembayaran.
3. Produsen
Dapat mempengaruhi harga. Berbeda dengan Pasar
Persaingan Sempurna,dimana harga
terbentuk berdasarkan mekanisme pasar, maka pasar monopolistik
dapatmempengaruhi harga meskipun tidak sebesar pasar oligopoli dan monopoli.
4.Produsen
dapat keluar masuk pasar. Hal ini dipengaruhi oleh laba ekonomis, saat
produsenhanya sedikit di pasar maka laba ekonomisnya cukup tinggi. Ketika
produsen semakinbanyak dan laba ekonomis semakin kecil, maka pasar menjadi
tidak menarik dan produsendapat meninggalkan pasar.
5. Promosi penjualan harus aktif . Pada pasar ini harga bukan merupakan pendongkrak
jumlahkonsumen, melainkan kemampuan
perusahaan menciptakan citra baik dimata konsumen,sehingga dapat
menimbulkan fanatisme terhadap produk. Karenanya, iklan dan promosimemiliki
peran penting dalam merebut dan mempertahankan konsumen.Kedudukan persaingan
monopolistik akan membuka peluang pasar yang terbatas lingkupkonsumennya,
sehingga pencapaian laba tak sebesar seperti kedudukan yang mungkin bisadicapai
pada pasar persaingan bebas sempuma. Dalam pasar persaingan monopolistik masih
pasar oligopoli
Pasar
oligopoli adalah struktur pasar yang hanya terdiri dari sekelompok kecil atau
beberapa perusahaan saja yaitu antara 2 – 10 perusahaan. Adakalanya pasar
oligopoli terdiri dari dua perusahaan saja, dan pasar seperti ini disebut
Duopoli. Biasanya struktur dari industri dalam pasar oligopoli adalah: terdapat
beberapa perusahaan raksasa yang menguasai sebagian pasar oligopoli,
misalnya 70 sampai 80 persen dari seluruh produksi atau nilai penjualan
dan sisanya terdapat beberapa perusahaan kecil. Beberapa perusahaan
golongan pertama (yang menguasai pasar) sangat saling mempengaruhi satu sama
lain, karena keputusan dan tindakan oleh salah satu daripadanya sangat
mempengaruhi perusahaan-perusahaan lainnya. Sifat tersebut menyebabkan setiap
perusahaan harus mengambil keputusan yang berhati-hati di dalam mengubah harga,
membuat desain, mengubah teknik memproduksi dan sebagainya. Sifat saling
mpengaruhi(mutual interdependence) ini merupakan sifat yang
khusus dari perusahaan dalam pasar oligopoli, yang tidak terdapat dalam
bentuk pasar lainnya.
Karakteristik
Pasar Oligopoli
·
Sedikit
produsen dalam suatu pasar, akibatnya keputusan yang diambil oleh satu produsen
akan sangat mempengaruhi produsen yang lain. Oleh karena itu Produsen-produsen
yang ada saling bersepakat untuk melakukan tindakan bersama di dalam
menentukan harga dan tingkat produksi
·
Produk yang
dihasilkan homogen atau sama, ada 2 tipe, yang pertama adalah produsen barang
standar atau bahan mentah, yang ke-dua adalah produsen barang yang berbeda
corak, biasanya barang akhir atau barang jadi.
B. Kelebihan Pasar Oligopoli
·
Hanya
sedikit perusahaan dalam Industri membuat saingan juga menjadi sedikit.
·
Oligopoli
dengan produk difensiasi lebih mudah memprediksi reaksi-reaksi dari perusahaan
lawan
·
Oligopoli
dengan produk yang homogen memiliki rintangan masuk ke dalam pasar yang relatif
kecil
C. Kelemahan Pasar Oligopoli
·
Efisiensi
hanya dicapai jika perusahaan memproduksi output dalam skala yang sangat besar
·
Pengambilan
keputusan yang sangat kompleks karena terdapat kompetisi non harga
·
Membutuhkan
kemampuan manajemen yang sangat baik karena kompleksnya persaingan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar